Menderita Penyakit Maag? Hindari Makanan Berikut!

Menderita Penyakit Maag? Hindari Makanan Berikut!,- Seharusnya kita menghindarkan diri kita dari makanan yang dapat menyebabkan atau memperberat gejala penyakit maag. Untuk itu bagi anda yang menderita penyakit maag hindarilah jenis makanan berikut ini :

Hindari makanan dan minuman yang mempunyai kandungan banyak gas dan serat seperti sayuran (sawi dan kol), buah-buahan (nangka dan pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong dan buah yang dikeringkan), dan minuman yang mengandung gas (minuman bersoda.

[1]. Hindari makanan yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5 – 20%, anggur putih, sari buah sitrus, atau susu full cream. Kopi juga harusnya dihindari saat sahur karena bisa merangsang buang air kecil berlebih (diuresis).

[2]. Hindari makanan yang sulit dicerna sehingga bisa memperlambat pengosongan lambung. Karena hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang pada akhirnya bisa meningkatkan asam lambung, diantaranya yaitu makanan berlemak, kue tar, coklat dan keju.

[3]. Hindari makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

[4]. Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga bisa menyebabkan cairan lambung dapat naik pada kerongkongan, diantaranya alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

[5]. Beberapa sumber karbohidrat yang harus dihindarkan bagi penderita sakit maag yaitu beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dan dodol.

Kegiatan yang meningkatkan gas di dalam lambung harus dihindarkan diantaranya makan permen karet dan merokok.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit maag, apalagi jika anda sedang melakukan pengobatan maag, sangat diharuskan menghindari makanan tersebut. Sekian informasi yang bisa disampaikan semoga bisa dijadikan referensi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *